Sunday, July 26, 2015

Keuntungan Menggunakan LCD proyektor untuk presentasi

Kunci utama dari presentasi adalah membuat audiens selalu terfokus dengan apa yang dipresentasikan sehingga pesan bisa disampaikan dengan baik dan benar kepada semua yang sedang menonton presentasi itu. Kombinasi penggunaan LCD projectordan software-software pembuat presentasi seperti Microsoft PowerPoint atau OpenOffice Impress telah banyak membantu tercapainya tujuan itu karena presentasi bisa dibuat menjadi semenarik mungkin. Dengan presentasi yang ditampilkan di layar besar, perhatian audiens juga akan lebih terfokus dan semua orang bisa menontonnya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan LCD projector untuk keperluan presentasi Anda, baik presentasi bisnis di kantor, presentasi pengajaran di sekolah-sekolah, dll.
Mudah Digunakan
Hampir semua perangkat LCD projector bekerja dengan menggunakan prinsip “plug and play”, di mana untuk menyambungkan proyektor tersebut ke laptop/komputer, Anda tinggal menghubungkan kabelnya ke port yang sesuai, kemudian menekan tombol untuk menduplikat/memperpanjang tampilan layar (Windows + P di Windows 7) dan tampilan laptop/komputer pun akan segera terproyeksi di layar proyektor.
Visualisasi Materi
Dengan menggunakan LCD projector, seorang guru/pemateri tidak hanya mendeskripsikan suatu materi saja, tetapi bisa juga mendemonstrasikan materi yang sedang ia ajarkan. Seorang guru komputer misalnya, bisa mempraktekkan cara-cara mengoperasikan software, atau bagaimana melakukan penjelajahan di suatu situs web. Di pertemuan/meeting bisnis, seorang pekerja bisa mempresentasikan data-data seperti hasil penjualan, besaran keuntungan yang didapat perusahaan, atau data-data lainnya dengan menggunakan diagram/grafis yang menarik. Materi-materi lain pun bisa ditampilkan dengan lebih menarik melalui slide show, video, bagan, atau materi grafis lainnya. Menggunakan LCD projector untuk menerangkan suatu hal akan menambah keefektifan penyampaian materi tersebut, karena penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang lebih mudah dan tertarik untuk belajar bila ada penjelasan secara visual atau bahkan audio visual di dalam materi pembelajarannya.
Interaksi Massal
Sebuah presentasi ditonton oleh banyak orang sekaligus. Pada saat banyak orang menyaksikan hal yang sama, hal itu bisa memicu adanya sebuah diskusi tentang yang mereka saksikan bersama-sama itu. Hal ini tentunya akan menambah kualitas pengalaman belajar, seperti misalnya sekelompok siswa sama-sama memecahkan masalah yang disajikan di layar presentasi, atau mendiskusikan pendapat mereka dan saling bertukar informasi yang berkenaan dengan hal yang disajikan di layar presentasi.
Menjaga Fokus Audiens
Penggunaan LCD projector juga bisa menambah tingkat fokus para audiensnya. Penyampaian yang bagus dan efektif akan membuat audiens selalu merasa tertarik dan fokus dengan apa yang disampaikan. Dengan software-software presentasi seperti Microsoft PowerPoint atau OpenOffice Impress, mudah untuk membuat suatu presentasi menjadi menarik karena melalui software-software tersebut Anda bisa menyisipkan banyak tema, warna, gambar, elemen interaktif, suara, video, grafis, animasi, games, dll. yang membuat presentasi Anda menjadi semakin kaya dan semakin menarik untuk disimak.
Sumber :
https://sewaproyektorblog.wordpress.com/2013/07/22/keuntungan-menggunakan-lcd-projector-untuk-keperluan-presentasi-anda/

No comments:

Post a Comment